Peserta Lomba Karya Tulis Ilmiah Siswa
Sejumlah peserta Lomba Karya Tulis Ilmiah siswa SMA se Karasidenan Kediri

KEDIRI (PASMEDIA) – Dinas Perindustrian Perdagangan, Pertambangan dan Energi (Disperindagtamben) Kota Kediri, adakan Lomba Karya Tulis Ilmiah untuk siswa SMA Se – Eks Karesidenan Kediri, dengan tema “Inovasi dan Implementasi Hemat Air Dan Energi Untuk Menuju Indonesia Emas 2045”.

Dalam acara tersebut, telah terpilih 14 finalis yang lolos, yakni dari SMA Negeri 1 Blitar, SMKN 1 Kota Blitar, SMKN 1 Kota Kediri, MAN 3 Kota Kediri, SMKN 1 Nglegok Blitar, SMK Al Huda Kota Kediri, SMAN ! Grogol Kabupaten Kediri, SMK Al Mahrusiyah Kota Kediri, SMAN 7 Kediri, SMAN 3 Kediri, dan SMAN 2 Kediri.

Para finalis yang telah terpilih, diharuskan melakukan registrasi sebelum tanggal 14 Oktober, di Dinas Perindustrian Perdagangan, Pertambangan dan Energi Kota Kediri.

Kepala Disperindagtamben, Kota Kediri, Yetty Sisworiny, mengatakan, tujuan dari lomba karya Ilmiah tersebut adalah untuk menciptakan masyarakat mengenai penghematan energi dan air terutama dalam kalangan generasi muda.

“Untuk sasaran dan point lomba, mendidik generasi muda agar lebih memahami arti pentingnya menjaga lingkungan dan pentingnya berinovasi dalam memanfaatkan kekayaan energi dan air yang dimiliki oleh Negara kita ” katanya. Kamis (14/10).

Jumlah Peserta sebanyak 52 Tim/Makalah SMA sederajat Se – Eks Karesidenan Kediri. Kota Blitar 7 Tim/Makalah. Kabupaten Kediri 5 Tim/Makalah. Kota Kediri 38 Tim/Makalah. Serta Kabupaten Nganjuk 2 Tim/Makalah.

Untuk Juri yang akan melakukan penilaian yakni dari Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur, dari Balai Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Timur, dari Institut Teknologi Sepuluh November, kemudian dari Profesional/Koordinator CSR Provinsi Jawa Timur.

Sementara, para peserta telah melalui tahapan Seleksi, pada awal tanggal 13 september 2016, dan diambil 14 besar diumumkan pada tanggal 10 Oktober 2016. Pemaparan untuk 14 besar pada tanggal 15 Oktober 2016. Serta pengambilan juara 1, 2, 3, harapan 1, 2, dan favorit.

Sedangkan untuk Juara Pemenang diumumkan pada 16 Oktober 2016 sekaligus penyerahan hadiah, yang rencananya akan langsung dihadiri Walikota Kediri Abdullah Abubakar.

Untuk diketahui, lomba karya ilmiah adalah masyarakat pada umumnya dan generasi muda pada khususnya.

Dari hasil karya tulis tersebut maka muncul inovasi-inovasi teknologi yang dapat di implementasi secara nyata, dan mampu menciptakan sumber-sumber energi baru yang hemat dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat, khususnya masyarakat kota Kediri. (ary/war).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here