Lamongan

Dalam waktu dekat alon- alon Lamongan bakal memiliki wajah baru nan mempesona serta membuat nyaman pengunjung. Sejumlah lokasi yang sering digunakan masyarakat untuk bersantai dan menikmati jajanan itu, rencananya bakal digelontor anggaran sebesar Rp 11 Miliar buat mewujudkannya.

            Penataan ini seperti disampaikan Bupati Fadeli akan membuat wajah Alun-alun Lamongan semakin ramah bagi publik. Sehingga tidak salah, saat rampung nanti ruang publik ini akan menjadi all new Alun-alun Lamongan.

            Itu disampaikannya saat secara mendadak melakukan sidak ke Alun-alun Lamongan, Rabu (3/1). Saat berjalan berkeliling melihat fasilitas alun-alun, dia hanya ditemani Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Moch. Wahyudi, Asisten Administrasi Sugeng Widodo serta Kabag Humas dan Protokol Agus Hendrawan.

            Dia sangat menekankan agar fasilitas yang ada dijaga. Selain itu, dia meminta agar kebersihan alun-alun senantiasa diperhatikan.

            “Alun-alun ini harus menjadi ruang publik yang bisa memberikan kenyamanan. Karena itu nanti PKL yang akan di trotoar sepanjang alun-alaun akan ditata, dibuatkan food court yang nyaman di dalam alun-alun, “ kata dia.

            Diungkapkan Agus Hendrawan, penataan alun-alun kali ini akan menjadi perubahan major, tidak sekedar penambahan minor. Namun nantinya akan tetap mempertahankan sejumlah fasilitas yang ada, seperti lapangan basket, sepak bola dan upacara.

            Seperti Trotoar alun-alun yang nanti akan diperlebar menjadi 9 meter, sehingga nyaman untuk pejalan kaki. Sementara pagar yang ada di sekeliling alun-alun akan ditiadakan.

            Untuk skatepark yang selama ini sepi pengguna, bakal disulap menjadi taman labirin yang eksotis. Sebelum memasuki taman labirin, pengunjung alun-alun nanti akan disambut dancing fountain atau kolam air mancur menari.

            Sementara  food court sendiri akan berada di sisi timur taman labirin. Membujur ke utara hingga batas lapangan upacara, untuk kemudian membentuk huruf L, membujur hingga ke gapura paduraksa di pintu masuk timur.

            Di sisi ini pula akan dibuat lanskap taman dengan konsep seperti Garden by the Bay di Singapura.

            Kenyamanan untuk semua golongan usia, kata Agus menjadi penekanan dalam rancang bangun alun-alun. Sehingga vegetasi yang akan ditanam nanti dalam ukuran besar.(fad/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here