Launching program Tanfidzul quran Masjid Maulana Malik Ibrahim, Gresik
Launching program Tanfidzul quran Masjid Maulana Malik Ibrahim, Gresik

GRESIK (Pas Media) – Untuk menfasilitasi anak-anak yang ingin belajar menghafal Al qur’an, Lembaga pendidikan Al qur’an Masjid Agung Maulana Malik Ibrahim Gresik, mengelar Grand Launching Program Tahfidzul Quran (Penghafal Al qur’an). Sebab, tingginya animo anak – anak di Gresik yang ingin bisa menghafal Al qur’an.

Ketua Lembaga Pendidik Al qur’an Masjid Agung Maulana Malik Ibrahim Grésik Akhmad Misbach menuturkan, Di launchingnya lembaga pendidikan ini karena tingginya respon anak yang ingin bisa menghafal Al qur’an di Gresik sangat tinggi. Terbukti sejak didirikan 3 bulan yang lalu, kini sudah ada 102 anak yang tengah belajar menghafal Al qur’an. Dari berbagai usia, baik mereka yang masih duduk dibangku taman kanak-kanak (TK), Madrasah Ibtidaiyah/SD maupun Madrasah Tsanawiyah/SMP.

“Kami berharap, dengan dilaunchingnya lembaga ini, tercipta kader Qur’ani yang handal. Yang tidak hanya mampu membaca dan menghafal Al qur’an, namun juga bisa memahami secara  utuh tentang Al qur’an. baik dari segi bacaan (Tartil dan Tajwidnya) maupun isi dari Al qur’an,” imbuhnya.

Di tambahkannya, Kegiatan belajarnya dilakukan pada hari Sabtu pagi dan sore serta hari Minggu pagi. Sedangkan metode menghafalnya para santri diminta untuk menghafal dirumah minimal dalam sehari bisa hafal 6 baris (Ayat). Dan kemudian saat hari belajar mereka setor atau menunjukan hafalannya ke lembaga atau Ustadznya,”

“Dalam kurun waktu 2 – 2,5 tahun, para santri rata-rata sudah bisa hafal 30 Juz. Namun bagi mereka yang memiliki daya ingat yang kuat dalam waktu 1,5 sudah mampu menghafalkan,” paparnya.

Sementara itu, Nurul Rahma salah satu wali santri lembaga pendidikan tersebut mengatakan, lembaga ini sangat membantu anaknya Muhammad Rafli (9) yang ingin menjadi Hafidz (Penghafal Al qur’an). “Sejak belajar disini anak saya makin banyak ayat-ayut suci Al qur’an yang mampu ia hafal. Dari yang sebelumnya hafal hanya beberapa ayat saja kini Juz Amah dia sudah hafal,” ujarnya, dengan nada lirih karena bangah. (ren)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here