Lamongan, Pas Media

Warga Desa Pangkatrejo Kecamatan / Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, menggelar sedekah bumi dengan membuat ratusan sajian makanan yang diarak di desa setempat.

Tradisi budaya yang rutin dilaksanakan setiap tahun menjelang musim tanam ini merupakan bentuk rasa syukur masyarakat atas melimpahnya hasil panen pertanian.

Satu persatu warga desa lantas berdatangan membawa nampan yang berisikan nasi, Buah-buahan, sayuran, telur, olahan makanan dan minuman. Mereka lantas meletakkan barang bawaanya itu di jalan desa.

Saat jarum jam menunjukkan pukul 09.00 WIB, ratusan warga mulai mengarak berbagai bentuk hidangan yang di kemas dalam bentuk gunungan, menuju tenda yang disiapkan. Mereka bersuka cita menantikan acara perayaan sedekah bumi.

Tak berselang lama, tokoh masyarakat di desa itu hadir ke lokasi untuk membacakan doa

Setelah doa selesai dipanjatkan, gunungan berisi aneka makanan dan minuman serta hasil pertanian langsung diserbu warga, hingga habis tak tersisa.

Kepala Desa Pangkatrejo, Sirman menjelaskan, Tradisi sedekah bumi di desanya sudah berlangsung turun temurun.. Tradisi sedekah bumi ini, sambung dia, rutin digelar setiap tahun .

“ Tiap tahun ada, tapi untuk perayaan ini dilakukan tiap dua tahun sekali selama Dua hari berturut-turut,” kata Sirman.

Pada malam sebelumnya, acara sedekah bumi itu diawali dengan menggelar pengajian agama, dan akan ditutup dengan menggelar hiburan wayang kulit.

“ Semuanya dilakukan warga dengan bergotong royong dan memang atas inisiatif warga,” pungkasnya. (fad)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here