Munir salah seorang pengamen yang kreatif memainkan alat musik unik.
Munir salah seorang pengamen yang kreatif memainkan alat musik unik.

TULUNGAGUNG (PASMEDIA) – Sekarang ini bagi sebagian orang untuk menyambung hidup diharuskan lebih kreatif dalam berusaha agar berhasil. Munir, salah seorang pengamen di Tulungagung mampu menarik perhatian warga dengan memainkan 10 jenis alat musik sekaligus saat mengamen.

Munir warga asal Desa Patok, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar mampu memainkan 10 jenis alat musik, diantaranya: Gendang yang terbuat dari pipa paralon berukuran besar, Angklung, Symbal, Kenong, serta Kecer, yang dirangkai menjadi satu di sebuah troli kecil.

Kreativitas Munir dalam merangkai dan memodifikasi alat musik menjadi satu untuk digunakan mengamen dimulai sejak tahun 2007, sebelumnya untuk mengamen, Munir hanya menggunakan alat musik gendang saja.

“ Yah, Ngamennya di Pasar Hewan. Kadang di Beji sini, terus di Pasar Hewan Blitar, sama Kediri, menyesuaikan hari pasaran,” kata Munir.

Di Pasar Hewan, Ia mengais recehan dengan menyusuri setiap warung tempat kumpulnya para pedagang dan pembeli ternak. Bahkan, Munir juga sering diminta oleh para pedagang untuk menghiburnya dengan imbalan yang lumayan.

“Hasilnya tidak mesti pak, kadang dapat 50 ribu, kadang juga 100 ribu, yah disyukuri aja. Alhamdulillah hari ini dapat lumayan,” terangnya.

Sedangkan, lagu yang dibawakannya pun sudah akrab di telinga, seperti Dangdut koplo, Banyuwangian atau Gendang Kempul, Pop, Campusari, dan Sholawatan.

Bahkan lagu yang dibawakan, kadang oleh Munir secara spontan diubah liriknya sesuai situasi sekitar tempatnya mengamen, sehingga mengudang gelak tawa setiap orang yang mendengar. (ris/war)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here