Ilyas (kanan) ditemani Buwang dan pelapor lain menunjukkan tanda terima laporan dari Polisi

Lamongan, Pas Media

Ketua Panitia Pengawas  Kabupaten (Panwaskab) Lamongan, Toni Wijaya, dilaporkan sejumlah warga ke Polres  Lamongan. Itu  terkait dugaan pemalsuan sejumlah dokumen persyaratan pada saat dirinya mendaftar sebagai  panwaslu pada tahun 2012 dan 2014.

“Kita menemukan dokumen mantan ketua panwaslu Lamongan tersebut tercatat sebagai anggota salah satu partai politik. Makanya kita langsung laporkan ke pihak kepolisian,” ujar Umar Buwang usai memasukkan berkas laporan di SPKT Polres Lamongan, Senin (16/10).

Buwang dan di temani sejumlah masyarakat memilih tidak melaporkan Toni Wijaya ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), yang seharusnya menangani pelanggaran penyelenggara, lantaran terlapor sebagai mantan Panwaskab. Lamongan.

“ Jadi yang kita laporkan itu Toni sebagai mantan Panwaskab, diduga membuat surat keterangan palsu saat pendaftarannya. Padahal sesuai aturan syarat mendaftar sebagai penyelenggara pemilu  tidak boleh menjadi anggota partai politik selama Lima tahun sebelumnya,” terangnya.

Dalam berkas laporan yang diserahkan kepada petugas SPKT Polres Lamongan, Buwang dan kawan-kawan juga menyertakan beberapa dokumen sebagai bukti keterlibatan Toni sebagai anggota Parpol saat ia menjabat sebagai ketua Panwaskab.

“ Ada Kartu tanda anggota dan diperkuat adanya dokumen verifikasi anggota parpol yang pernah diterima KPU atas nama Toni Wijaya,” tambah pelapor lain, Ilyas.

KTA PDIP diduga milik Toni wijaya,

Terpisah, Toni Wijaya yang saat ini juga sebagai Ketua Panwaskab Lamongan membantah jika dirinya dikatakan sebagai kader Partai pada tahun 2012 lalu. Bahkan, kepada wartawan ia menyampaikan pada tahun 2015, menjelang rekruetmen Panwas Pilkada, laporan serupa juga pernah dilaporkan ke Bawaslu Jatim.

“Yang dituduhkan pada saya itu tidak benar.  Kalaupun ada copyan KTA parpol itu bisa di rekayasa dan di edit.” Sanggahnya. (fad)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here