Kegiatan Pramuka Penggalang di alun-alun dalam rangka Muscab Kwarcab Lamongan.

LAMONGAN (PASMEDIA) – Panitia Muscab Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Lamongan menggelar event jelajah situs sejarah Lamongan untuk Pramuka Penggalang di Alun-alun.

Selain memperkenalkan secara dini dengan kekayaan sejarah Lamongan di masa lampau, mereka juga mengikuti berbagai lomba untuk mengasah kekompakan dan kecakapan.

Kwarcab Lamongan dalam Muscab itu Sekkab Yuhronur Efendi kembali terpilih sebagai Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka (Kakwarcab) Lamongan. Peserta Musyawarah Cabang (Muscab) di Pendopo Lokatantra secara mufakat memilih Yuhronur  untuk masa bhakti 2017-2022.

Selain itu, Kwarcab Lamongan dinyatakan sebagai yang terinovatif oleh Kwarda Jawa Timur. Sertifikat terinovatif tersebut diserahkan Wakil Ketua Kwarda Pramuka Jawa Timur AR Purmadi kepada Kamabicab Lamongan Fadeli.

“Penghargaan sebagai Kwarcab terinovatif ini layak diterima Lamongan. Terutama atas inisiatifnya untuk penyelenggaraan Literacy Scout Camp (LSC) 2016 dan peresmian Satuan Tugas Terpadu Literacy atau Satelit Pramuka 1324, “ ungkap AR Purmadi.

Yuhronur Efendi menjelaskan LSC merupakan program inovatif tingkat penegak dan pandega untuk mendukung program pendidikan karakter Pemkab Lamongan. Yakni Gerakan Lamongan Menghafal Al Qur’an, 1821 dan Lamongan Membaca.

“Perkemahan tematik dengan tema literasi ini menjadi inspirasi bagi daerah lain, karena menjadi yang pertama di kepramukaan dunia. Kala itu perkemahan ini dihadiri Eksekutif Direktur dan staf pelatih dari Singapore Scout Association bersama perwakilan Kwarcab Batam, andalan nasional, dan Kwarda Sulsel, “ katanya menjelaskan.

Sementara Bupati Fadeli sepakat  bahwa pramuka Lamongan sudah mampu merevitalisasi dirinya sehingga tidak lagi bertepuk tangan dan bersenang-senang. Karena itu dia berharap prestasi itu jangan sampai turun.

Dia malah berharap pramuka bisa mnejadi garda terdepan dalam memasyarakatkan program Pemkab Lamongan. Seperti yang saat ini sedang digalakkan pendidikan karakter melalui program 1821 dan Lamongan Membaca.

Kwarcab Lamongan di periode sebelumnya tercatat mampu meloloskan satu regu penggalang ke final Indonesia Scout Challenge di Jawa Tengah.

Kemudian berpartisipasi dalam kegiatan kepramukaan internasional seperti Jambore di Korea Selatan, Jepang, Malaysia dan Singapura. Serta mengikuti penjelajahan pada event Overland Scouts Singapura, Tahiland, Malaysia (Oshitama). (*/mim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here