Dari kiri: Letkol Inf. Jemz Ratu Edo, Kolonel Kav. Gathut Setyo Utomo (tengah), Letkol Inf. Sutrisno Pujianto (kanan).
Dari Kanan: Letkol Inf. Jemz Ratu Edo, Kolonel Kav. Gathut Setyo Utomo (tengah), Letkol Inf. Sutrisno Pujiono (kiri).

LAMONGAN (PASMEDIA) – Danrem 082/ Citra Panca Yudha Jaya, Mojokerto, Kolonel Kav. Gathut Setyo Utomo pimpin serah terima Komandan Kodim 0812/ Lamongan dari Letkol Inf. Jemz Andre Ratu Edo digantikan oleh Letkol Inf. Sutrisno Pujiono.

Prosesi serah terima pimpinan teritorial TNI AD di Kabupaten Lamongan berlangsung di Gedung Aula pertemuan Makodim 0812/ Lamongan. Kamis (29/09).

Sebelum menjabat Komandan Kodim 0812/Lamongan, Letkol Inf. Sutrisno Pujiono, Alumnus Akmil 1993 adalah Komandan Batalyon 500/Raider, Surabaya. Sedangkan Letkol Inf. Jemz Andre Ratu Edo akan mengisi jabatan baru sebagai Kasrem 081/Dhirotsaha Jaya, Madiun.

“Pergantian pimpinan sudah hal biasa sebagai penyegaran dan suasana baru,” terang Kolonel Kav. Gathut Setyo Utomo, Danrem 082/CPYJ Mojokerto usai memimpin prosesi serah terima.

Menurut Gathut, pada intinya untuk dapat menjalankan tugas pokoknya diharapkan khususnya komando TNI yang ada di wilayah, harus lebih dekat dengan rakyat. Sebab, sistem pertahanan di Indonesia adalah sistem pertahanan rakyat semesta (Sishanta).

“Pengalaman perjuangan kemerdekaan RI dulu diraih bukan karena TNI saja, tapi dengan rakyat. Berangkat dari sejarah itu, maka Kodim, Koramil itu harus ada ditengah masyarakat dan bersama rakyat,” jelas, Gathut, Alumnus Akmil 1990.

Gathut menambahkan, TNI harus ada ditengah masyarakat untuk melatih rakyat, karena, sesungguhnya yang bisa mempertahankan negara adalah rakyat yang terlatih dan memiliki jiwa militan untuk membela Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Oleh karena itu, Ia berharap apa yang sudah dilakukan oleh Letkol Inf. Sutrisno Pujiono kedepan bisa lebih mendekatkan diri kepada masyarakat.

“Apa yang dilakukan oleh Pak Jemz itu, yang bisa mendekatkan dengan rakyat itu bisa dilanjutkan oleh penggantinya,” terangnya. (*/war)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here