Diklat pejabatGRESIK (Pas Media) – Sejak disahkannya undang-undang nomer 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), untuk kesekian kali, Pemkab Gresik mengelar Diklat Pendidikan dan Latihan Kepegawaian untuk 30 orang Pejabat yang mengurusi kepegawaian di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Gresik.

Kegiatan tersebut, dilaksanakan selama 7 Hari (4-9/8/2016) di Ruang Mandala Bakti Praja Kantor Pemda Gresik. Dan dibuka oleh Asisten III Pemkab Gresik Tarso Sagito.

“Pelaksanaan diklat ini adalah sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, wawasan serta kemampuan ASN khususnya bagi pengelola kepegawaian” katanya.

Seperti yang dikatakan Presiden Joko Widodo, ada tiga prioritas yang berkaitan dengan ASN. Bahwa, ASN harus melaksanakan reformasi birokrasi. Reformasi birokrasi yang dimaksud yaitu revolusi mental, gerakan penghematan nasional dan moratorium rekrutmen pegawai,” ujarnya.

“ASN diharapkan mampu memperbaiki manajemen pemerintahan yang berorientasi kepada pelayanan public,” tukasnya.

Turut hadir dalam pembukaan Diklat tersebut, Kepala Bidang Diklat Teknis, Bandiklat Provinsi Jawa Timur, Nawang Ardiani. Dalam paparannya Nawang memberikan informasi terkait akan dibentuknya Komisi ASN. “Lembaga ini didesai sebagai institusi non structural, independent dan apolitis untuk menjamin pelaksanaan system dalam manajemen ASN” katanya. Masih menurut Nawang, Komisi ini mendapat mandat untuk melakukan monitoring, evaluasi dan rekomendasi seluruh kebijakan dan manajemen professional ASN.

Sementara kepala BKD Pemkab Gresik, Nadlif mengatakan, Metode diklat yang dilaksanakan selama seminggu ini diisi dengan kuliah, Diskusi dan simulasi/latihan. “Selanjutnya para peserta diklat akan menjalani observasi lapangan (OL).” (ren)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here