Proses e-Voting SMA Muhammadiyah Gresik dalam Memilik PR IPM dan OSIS. (ren)
Proses e-Voting SMA Muhammadiyah Gresik dalam Memilik PR IPM dan OSIS. (ren)

GRESIK (PASMEDIA) – SMA Muhammadiyah Gresik, membuat terobosan baru dalam kegiatan Pemilihan Ketua Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) atau Ketua OSIS dengan menggunakan e-voting dan bukan lagi dengan metode konvensional.

Dengan metode itu, pemilihanan dipastikan bisa berjalan cepat dan akurat dan tidak akan terjadi kecurangan. Karena, semua data siswa maupun guru yang memiliki hak pilih dalam pemilihan tersebut. Telah dimasukan dalam database.

Kegiatan yang berlangsung dalam ruang Inovatif gedung SMA Muhammadiyah Gresik, di ikuti oleh 801 pemilih, dengan rincian 728 pemilih adalah siswa-siswi kelas 10 sampai 12 dan 73 pemilih adalah guru.

“Dalam melakukan hak pilihnya, para siswa tinggal memasukan nomor induk siswa. Sedangkan para guru memasukan nomor induk pegawai kedalam laptop atau komputer, yang telah terkoneksi ke server dengan aplikasi yang bisa dibuka melalui gadget. pada bilik pemungutan suara yang sudah disiapkan panitia,” kata, guru pembina OSIS SMA Muhammadiyah Gresik, Rudi Ihwono. Sabtu (12/11).

“E Voting ini, baru pertama kali kita lakukan dalam pemilihan ketua IPM (OSIS) ini dan merupakan terobosan baru bagi anak-anak SMAM,” ujar, Ketua Pelaksana Pemilihan, M Naufal Zakky.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 1 Gresik, Ainul Muttaqin, mengatakan, pemilihan ketua PR IPM (OSIS) berbasis elektronik ini. Digelar sebagai pembelajaran bagi siswa untuk memanfaatkan perangkat teknologi modern yang ada saat ini.

Selain itu, tujuan kami juga agar hal ini. bisa juga diterapkan oleh pemerintah pada pelaksanaan pemilu atau pilkada dengan pola yang sama dengan model aplikasi mengunakan PHP Coding, Server dan database MYSQL,” paparnya. (ren/war)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here