Lamongan, Pasmedia
Pelaksanaan Upacara 17 Agustus dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, bukan hanya dilakukan oleh Institusi Pemerintahan. Ratusan warga melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih di tengah lahan persawahan di Desa Sukoanyar Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan. Dengan mengenakan pakaian keseharian, pelaksanaan upacara itu berlangsung khidmat.
“ Ini juga sebagai simbol bahwa kemerdekaan Negera Kesatuan Republik Indonesia itu harus dimiliki dan dirasakan secara menyeluruh , termasuk oleh petani Indonesia. Meskipun mereka tidak mengenakan seragam,” kata Shobikin Amin, koordinator warga yang juga sebagai Inspektur Upacara, Kamis (17/8)
Ia menambahkan, Peserta upacara kebanyakan merupakan warga yang berprofesi sebagai petani. Dari bapak-bapak, para ibu, hingga anak-anak turut serta mengikuti upacara hingga selesai.
“ Yang menjadi petugas upacara juga dari kalangan petani,” ujar pria yang juga sebagai ketua DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Jawa Timur, melanjutkan.
Meski bertempat di sawah dan mengenakan pakaian keseharian, pelaksanaan upacara berlangsung cukup khidmat. Terbukti, saat menyanyikan lagu kebangsaan Indeonesia Raya, suara mereka terdengar kompak dan penuh penghayatan.
“ Pemilihan areal sawah untuk pelaksanaan upacara memang disengaja. Alasannya, agar masyarakat sekitar yang kesehariannya bekerja di sawah, bisa ikut bergabung dan mengikuti upacara,” pungkasnya. (fd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here