Pengajian Haul Akbar dan Peringatan 1 Muharram Tahun Baru Hijriyah di Gresik.
Pengajian Haul Akbar dan Peringatan 1 Muharram Tahun Baru Hijriyah di Gresik.

GRESIK (PASMEDIA) – Puluhan ribu umat Islam memadati halaman Wisma Ahmad Yani, hingga ruas Jalan Raya Veteran, Gresik, Jawa Timur, untuk mengikuti kegiatan Haul Akbar Gresik sekaligus memperingati 1 Muharrom (tahun baru Hijriah).

Kegiatan yang digelar sejak pukul 07.00 WIB ini, harus menutup total Jalur utama perbatasan antara Kota Gresik dengan Kota Surabaya.

Umat muslim yang menghadiri kegiatan tersebut, tidak hanya warga Gresik sendiri. Namun, juga umat Islam dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan, luar negri. seperti, Malaysia, Brunai Darussalam, Yaman dan Saudi Arabia.

Seperti halnya, Samsul Arifin, seorang warga Pekalongan, Jawa Tengah, menuturkan, dirinya berserta rombongan 40 orang, sengaja datang ke Gresik. Untuk mengikuti kegiatan tersebut.

“Saya dan rombongan dari Pekalongan, datang ke Gresik sejak kemarin malam. Dan rutin setiap tahun selalu datang kesini, karena ini merupakan kegiatan tahunan, yang selalu digelar di tempat ini,” ujarnya. Minggu (2/10).

Dalam kegiatan itu, hadir sejumlah pejabat tinggi. Diantaranya, Wakil Gubenur syaifullah Yusuf, Imam Besar, dari negara Yaman, Syekh Ahmad Al Qhudori, Imam Besar dari Madina Syekh Muhammad Al Jufri Bin Hambali. Serta ratusan Ulama, Kyai maupun Habib dari seluruh Indonesia.

Akibat kegiatan ini, aparat kepolisian Polres Gresik, harus melakukan pengalihan arus lalu lintas dari Surabaya ke Gresik maupun sebaliknya. Agar tidak terjadi penumpukan kendaraan yang bisa berakibat kemacetan panjang. (ren/war)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here