Pelantikan anggota Panwascam di Pendopo Lamongan

Lamongan, Pas Media

Sebanyak 81 Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) se Kabupaten Lamongan resmi dilantik Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Lamongan Tony Wijaya di Pendopo Lokatantra, Kamis (26/10).

Prosesi pelantikan itu disaksikan oleh Pimpinan Bawaslu Propinsi Jawa Timur Aang Khunaifi, jajaran pimpinan partai politik di Lamongan, serta Bupati Fadeli dan Wakil Bupati Lamongan Kartika Hidayati.

Sebanyak 81 Panwascam tersebut adalah hasil seleksi dari 304 orang pendaftar. Setelah merampungkan sejumlah tes, maka Panwaslu Lamongan menetapkan 3 orang Panwascam di masing-masing Kecamatan.

Panwascam ini selanjutnya akan bertugas pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018, pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, serta Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019.

Di tengah sambutannya, Tony mengucapkan terima kasih kepada Bupati Fadeli karena telah memfasilitasi berupa sebidang tanah untuk pembangunan gedung Panwaslu.

Sedangkan Aang Khunaifi mengingatkan bahwa Panwascam sebagai penyelenggara pemilu, terikat kode etik pemilu.

Maka dia meminta Panwascam harus menjaga sikap dan perilaku selama berinteraksi. Baik dengan sesama Panwascam ataupun dengan publik ketika melaksanakan tugasnya.

Ia juga berharap agar tetap menjaga hubungan koordinasi yang baik dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Sementara Bupati Fadeli berharap jika ada perbedaan pendapat atau sengketa pemilu, Panwascam dapat menyelesaikan tanpa melalui kekerasan. Pendekatan dengan masyarakat bisa dilakukan dengan dialog dan koordinasi dengan berbagai pihak, seperti muspika.

“Selamat dan sukses kepada Panwascam yang baru dilantik. Semoga sukses tugas Panwas pada waktu pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lamongan akhir tahun 2015 lalu dapat terulang,” pesan Fadeli. (fad)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here