93 WNA sindikat penipuan dikumpulkan petugas

Surabaya, Pasmedia – Puluhan Warga Negara Asing (WNA) asal China dan Taiwan, digerebek tim gabungan dari Markas Besar Polri, Polda Jawa Timur dan Kepolisian China di perumahan elit Graha Family Blok N nomor 1, Surabaya. Sabtu (29/7). Diduga 93 orang yang ditangklap itu merupakan sindikat penipuan dan pembobolan data nasabah Bank lintas negara yang dikendalikan dari Surabaya.
Menurut Ketua Tim Satgas Khusus Mabes Polri, AKBP Susantyo Purnomo Condro,  sebanyak 93 orang ini, merupakan WNA asing dari negara China dan Taiwan, yang melakukan  penipuan terhadap nasabah Bank di China dan Taiwan.
Modus yang dilakukan para WNA ini adalah dengan cara membobol data nasabah di beberapa bank di China dan Taiwan dari Surabaya. Setelah mendapatkan data nasabah, mereka lantas menghubungi nasabah tersebut dengan modus mengatakan jika keluarganya sedang ditangkap polisi.

“Menelpon korbannya dari Surabaya. Sedangkan di China dan Taiwan, mereka ini juga ada yang berperan menjadi polisi palsu yang lantas memeras nasabah,” ujar Susantyo.

Operator telepon sengaja dari Surabaya agar mereka sulit dilacak kepolisian setempat. Namun berbekal laporan beberapa korban, kepolisian China lantas menelusuri nomor telepon dan bekerjasama dengan kepolisian Indonesia untuk melakukan penangkapan.

Sebelum digerebek, disinyalir komplotan WNA ini dalam menjalankan aksinya sering kali berpindah domisili. Itu dilakukan agar keberadaannya tidak mudah terlacak oleh petugas. (nub/sf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here