Lamongan, Pas Media

Pemkab Lamongan mendapatkan bantuan 154 unit alat mesin pertanian (Alsintan) dari pemerintah pusat. Sebanyak 154 unit Alsintan itu diberikan secara simbolis di Alun-Alun Lamongan, Kamis (26/10).

“Pemerintah Kabupaten Lamongan pada tahun 2017 ini mendapatkan bantuan alsintan sebanyak 154 unit. Dengan rincian 74 unit handtractor, 12 unit traktor roda empat, 12 unit transplanter dan 56 unit pompa air,” Ungkap Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Aries Setiadi.

Sementara Bupati Fadeli menyebut bantun Alsintan dari Kementerian Pertanian yang difasilitasi Komisi IV DPR RI itu akan sangat mendukung modernisasi pertanian di Lamongan.

“Pada tahun ini produktivitas pertanian jagung di Kabupaten Lamongan telah mencapai 12,86 ton per hektare. Kemudian jumlah luas tanam jagung yang sebelumnya hanya 58 ribu hektare, sekarang telah naik menjadi 68 ribu hektare, “ ungkap Fadeli.

Sedangkan untuk produksi jagung yang sebelumnya hanya 372 ribu ton, saat ini telah mencapai 500 ribu ton, atau naik 30 persen.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Viva Yoga Mauladi mengungkapkan bahwa bantuan ini berasal dari dana APBN. Berasal dari pajak yang dibayarkan masyarakat Lamongan.

“Kementerian Pertanian ini bermitra dengan Komisi IV DPR RI. Pada tahun 2018 mendatang akan kembali ditambah jumlah bantuan alsintan kepada petani di Kabupaten Lamongan, “ ujar Viva Yoga Mauladi.

Dia juga berharap agar alsintan tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Terlebih Lamongan sudah menjadi perbincangan nasional terkait kemajuan pertaniannya.

“Semoga bantuan alsintan ini dapat mendukung pertanian di Kabupaten Lamongan menuju modenisasi, “ katanya mengakhiri. (fad)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here