Kerjasama bersihkan sampah di saluran air

Pas Media – Lamongan

Budaya gotong royong  warga di lingkungan perumahan dekat perkotaan, umumnya  jarang dilakukan. Apalagi jika berhubungan dengan kebersihan saluran air. Namun, bagi warga warga RT 1 RW 8 Perumnas Made desa Made,Kecamatan Lamongan  tidak demikian.

Sejumlah warga RT 1 RW 8 Perumnas Made desa Made,Kecamatan Lamongan  rela terjun ke got  membersihkan saluran air dari sampah dan lumpur.  Itu dilakukan warga untuk mengantisipasi datangnya musim hujan. Sebab, tiap kali musim hujan tiba, lingkungan mereka sering banjir.

“ Lumpur dan sampah plastik terlalu banyak sehingga saluran pembuangan air dari pemukiman terhambat. Untuk itu,RT kami berinisiatif membersihkan dengan gotong royong,” kata Sugiono, pengurus RT 1 Made. Selasa (2/10)

Ia menambahkan. meski kerja bakti awalnya dikerjakan oleh salah satu RT. Namun, dalam pelaksanaannya banyak pihak yang juga ikut membantu kegiatan tersebut. Hal itu dikarenakan, saluran air yang berada di tepi jalan Masrip, merupakan akses utama pembuangan air di wilayah tersebut, terutama Perumnas Made.

“ Ini sudah seminggu berjalan. Karena lumpur terlalu banyak,  PU Perumahan Rakyat dan  Lingkungan Pemukiman membantu tenaga kerja dan kendaraan untuk mengangkut lumput, juga ada bantuan dari Pemerintah Desa dan warga lain,” ungkapnya.

Warga bertekat akan membersihkan saluran air dari lumpur dan sampah hingga tuntas hingga dipastikan air  mengalir dengan lancar.

Lumpur yang menyumbat saluran air setebal satu meter lebih itu, dibersihkan warga secara manual. Mereka menggunakan peralatan timba untuk mengambil lumpur dan dinaikkan ke atas kendaraan untuk di buang di tempat yang sudah disiapkan.

“ pokoknya kita bersihkan hingga tuntas sampai lumpurnya bersih. Biar kalau hujan tidak banjir,” kata warga. (fad)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here